Apa Arti Museum Yang Kamu Ketahui?

Museum tentu menjadi sebuah tempat yang kerap didengar oleh masyarakat dan terasa tidak asing. Namun, tahukan apa arti museum tersebut? Museum merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga guna menunjukkannya kepada masyarakat luas sebagai sarana edukasi maupun penambah informasi yang akurat. Indonesia sendiri memiliki banyak sekali museum yang mayoritas digunakan untuk menambah ilmu pengetahuan tentang kejadian-kejadian bersejarah dan pengetahuan eksak yang termasuk dalam kategori destinasi wisata edukatif.  Setelah mengetahui apa arti museum, rupanya terdapat sepuluh macam museum berbeda. Antara lain :

apa arti museum
– Museum seni. Untuk jenis museum yang ini, kebanyakan benda yang dipamerkan melingkupi lukisan, patung, dan sejenisnya. Museum semacam ini jarang sekali ditemukan di Indonesia dan lebih banyak dibangun di kawasan Eropa yang memang telah memiliki citarasa seni tinggi selama ribuan abad lalu. Museum Affandi di Yogyakarta mungkin menjadi satu-satunya museum seni di Indonesia.
– Museum arkeologi merupakan museum yang berisi jejak-jejak peninggalan artefak zaman kerajaan berjaya di nusantara. Karena dahulu seluruh wilayah Indonesia memiliki kerajaan berbeda-beda yang berdaulat, museum arkeologi cukup mudah ditemukan di setiap daerah. Salah satu yang paling terkenal sebagai destinasi wisata adalah Museum Trowulan yang berada di Jawa Timur.
– Museum rumah bersejarah. Museum jenis ini juga sangat mudah ditemukan di masing-masing daerah di Indonesia. Di sini, biasanya tersimpan benda-benda peninggalan tokoh bersejarah atau merupakan gedung tempat terjadinya sebuah peristiwa penting di masa lalu. Contohnya adalah Museum Kediaman Bung Karno di Blitar Jawa Timur yang dahulu merupakan tempat tinggal keluarga Bapak Proklamator Indonesia tersebut.

Banyak sekali manfaat dengan mengunjungi museum. Selain mendapatkan banyak informasi baru, tiket masuk yang ditetapkan untuk museum umumnya juga sangat terjangkau. Bahkan beberapa tidak memungut biaya sepeserpun. Tempat-tempat wisata edukatif semacam ini tentunya harus dilestarikan agar tetap ada sebagai warisan bagi generasi mendatang agar tetap mengerti apa arti museum dan pentingnya keberadaan tempat wisata edukatif seperti itu bagi sebuah negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *